Minggu, 03 Januari 2010

WIMAX

DEFINISI WIMAX
Wimax(worldwide interoperability for Mmicrowave Acces) adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. Wimax merupakan teknologi nirkabel yang menydiakan hub jalur lebar dalam jarak jauh.Wimax merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelum dengan fitur-fitur yang labih menarik.
Wimax nantinya akan dipakai sebagai alternatif untuk mendistribusikan ascces jaringan internet di masyarakat luas, seperti yang sudah dilakukan oleh HotSpot dari standar Wireless LAN 802.11.
LATAR BELAKANG PERKEMBANGAN WIMAX
WIMAX di buat karna adanya kekurangan fasilitas pemakain standar teknologi nirkabel, di bagian bahwa ada standar Wifi Wirelles LAN 802.11 yang sudah banyak dipakai, sementara diatas adalah Wireless MAN 802.16 yang biasanya dipakai oleh operator untuk menyambungkan kepada mereka yang menggunakannya.
Dalam prakteknya banyak orang yang menggunakan telekumunikasi teknologi 811.02 yang dapat digunakan didalam ruangan atw luar ruangan untuk menyambungkan gedung satu ke gedung lain didalam satu daerah itu sendiri dengan radius dibawah 50km dapat melakukan transfer data dengan kecepatan 70MBps.

STANDAR WIMAX
Wimax adalah konsorsiuum yng berupaya untuk menyatukan dua standar teknologi nirkabel dunia yang dari dulu memang merupakan saingan, yaitu standar IEEE yang dibuat di Amerika dan standar ETSI(European Telecommunikations Standar Intitute) yang dibuat oleh kumpulan perusahaan diEropa,baik di dalam komunikasi maupun di elektonika.
Wimax mengikuti standar MAN IEEE 802.16a dan HiperMAN/Hiper acces. Bekarja di frekwensi antara 2sampai 11GHz, dan dikhususkan sebagai peranti yang menyambungkan gedung satu ke gedung yang lain secara nirkabel . Jadi dimasa depan Wimax kemungkinan bukan lagi peranti nikabel yang dapat dipakai tanpa minta ijin penggunaan frekwensi, karena tidak bekerja di frekuwensi ISM2, 4GHz atau UNII 5GHz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar